bill gates

William Henry Gates III
( BILL GATES )
1. Sejarah Singkat
William Henry Gates III atau lebih terkenal dengan sebutan Bill Gates, lahir di Seatle, Washington pada tanggal 28 Oktober 1955. Ayah Bill, Bill Gates Jr., bekerja di sebuah firma hukum sebagai seorang pengacara dan ibunya, Mary, adalah seorang mantan guru. Bill adalah anak kedua dari tiga bersaudara. Sejak kecil Bill mempunyai hobi "hiking",bahkan hingga kini pun kegiatan ini masih sering dilakukannya bila ia sedang "berpikir".
Bill kecil mampu dengan mudah melewati masa sekolah dasar dengan nilai sangat memuaskan, terutama dalam pelajaran IPA dan Matematika. Mengetahui hal ini orang tua Bill, kemudian menyekolahkannya di sebuah sekolah swasta yang terkenal dengan pembinaan akademik yang baik, bernama "LAKESIDE". Pada saat itu , Lakeside baru saja membeli sebuah komputer, dan dalam waktu seminggu, Bill Gates, Paul Allen dan beberapa siswa lainnya (sebagian besar nantinya menjadi programmer pertama MICROSOFT) sudah menghabiskan semua jam pelajaran komputer untuk satu tahun.

Kemampuan komputer Bill Gates sudah diakui sejak dia masih bersekolah di Lakeside. Dimulai dengan meng"hack" komputer sekolah, mengubah jadwal, dan penempatan siswa. Tahun 1968, Bill Gates, Paul Allen, dan dua hackers lainnya disewa oleh Computer Center Corp. untuk menjadi tester sistem keamanan perusahaan tersebut. Sebagai balasan, mereka diberikan kebebasan untuk menggunakan komputer perusahaan. Menurut Bill saat itu lah mereka benar- benar dapat "memasuki" komputer. Dan disinilah mereka mulai mengembangkan kemampuan menuju pembentukan Microsoft, 7 tahun kemudian.

Selanjutnya kemampuan Bill Gates semakin terasah. Pembuatan program sistem pembayaran untuk Information Science Inc, merupakan bisnis pertamanya. Kemudian bersama Paul Ellen mendirikan perusahaan pertama mereka yang disebut Traf-O-Data. Mereka membuat sebuah komputer kecil yang mampu mengukur aliran lalu lintas. Bekerja sebagai debugger di perusahaan kontrkator pertahanan TRW, dan sebagai penanggungjawab komputerisasi jadwal sekolah, melengkapi pengalaman Bill Gates.

Musim gugur 1973, Bill Gates berangkat menuju Harvard University dan terdaftar sebagai siswa fakultas hukum. Bill mampu dengan baik mengikuti kuliah, namun sama seperti ketika di SMA, perhatiannya segera beralih ke komputer. Selama di Harvard, hubungannya dengan Allen tetap dekat. Bill dikenal sebagai seorang jenius di Harvard. Bahkan salah seorang guru Bill mengatakan bahwa Bill adalah programmer yang luar biasa jenius, namun seorang manusia yang menyebalkan.

Desember 1974, saat hendak mengunjungi Bill Gates, Paul Allen membaca artikel majalah Popular Electronics dengan judul "World's First Microcomputer Kit to Rival Commercial Models". Artikel ini memuat tentang komputer mikro pertama Altair 9090. Allen kemudian berdiskusi dengan Bill Gates. Mereka menyadari bahwa era "komputer rumah" akan segera hadir dan meledak, membuat keberadaan software untuk komputer - komputer tersebut sangat dibutuhkan. Dan ini merupakan kesempatan besar bagi mereka.

Kemudian dalam beberapa hari, Gates menghubungi perusahaan pembuat Altair, MITS (Micro Instrumentation and Telemetry Systems). Dia mengatakan bahwa dia dan Allen, telah membuat BASIC yang dapat digunakan pada Altair. Tentu saja ini adalah bohong. Bahkan mereka sama sekali belum menulis satu baris kode pun. MITS, yang tidak mengetahui hal ini, sangat tertarik pada BASIC. Dalam waktu 8 minggu BASIC telah siap. Allen menuju MITS untuk mempresentasikan BASIC. Dan walaupun, ini adalah kali pertama bagi Allen dalam mengoperasikan Altair, ternyata BASIC dapat bekerja dengan sempurna. Setahun kemudian Bill Gates meninggalkan Harvard dan mendirikan Microsoft.

Terlepas dari masalah perseteruan Microsoft dengan beberapa organisasi dan vendor lain berhubungan dengan masalah monopoli software, pemakaian teknologi vendor lain, dsb. Saat ini Microsoft tumbuh menjadi vendor software dan sistem operasi yang menguasai pangsa pasar software dunia. Windows 95, 98, ME, 2000, XP adalah sistem operasi produksi Microsoft yang selalu ditunggu-tunggu oleh pengguna pc di dunia.


2. Sifat sikap hidup
Dalam kehidupan peribadinya, Gates menikah dengan Melinda French pada 1 Januari 1994. Mereka mempunyai tiga orang anak, Jennifer Katherine Gates (1996), Rory John Gates (1999) dan Phoebe Adele gates (2002). Dengan istrinya, Bill Gates telah mendirikan Bill & Melinda Gates Foundation, yang merupakan sebuah Yayasan Sosial yang memperhatikan pederita AIDS,
Yayasan ini telah menyumbangkan $ 4000000000 sejak awal tahun 1996. janji terbaru termasuk $ 1 miliar dalam dua puluh tahun untuk dana beasiswa kuliah selama sekitar seribu siswa minoritas; $ 750.000.000 selama lima tahun untuk membantu meluncurkan Global Fund untuk Anak Vaksin; $ 50 juta untuk membantu Organisasi Kesehatan Dunia upaya untuk memberantas polio, penyakit yang melumpuhkan yang biasanya menyerang anak-anak, dan $ 3 juta untuk mencegah penyebaran sindrom defisiensi imun yang diakuisisi (AIDS, sebuah penyakit yang tak tersembuhkan yang menghancurkan itu sistem kekebalan tubuh) di antara orang-orang muda di Afrika Selatan. Pada bulan November 1998 Gates dan istrinya juga memberikan hadiah terbesar ke perpustakaan publik AS, ketika mereka menyumbangkan $ 20 juta kepada Perpustakaan Umum Seattle. Satu lagi sumbangan amal's Gates $ 20.000.000 yang diberikan kepada Institut Teknologi Massachusetts untuk membangun rumah baru untuk Laboratorium untuk Ilmu Komputer.
Pada bulan Juli 2000 yayasan ini memberikan John Hopkins University lima tahun, $ 20.000.000 hibah untuk mempelajari apakah atau tidak murah dan pil vitamin mineral dapat membantu menyelamatkan nyawa di negara-negara miskin. Pada tanggal 13 November 2000,, Universitas Harvard School of Public Health mengumumkan bahwa telah menerima $ 25.000.000 dari yayasan untuk belajar pencegahan AIDS di Nigeria. Bantuan tersebut adalah single hibah swasta terbesar di sekolah sejarah. Ini diumumkan pada tanggal 1 Februari 2001, bahwa yayasan akan menyumbangkan $ 20 juta untuk mempercepat pemberantasan global (untuk sepenuhnya menghapus) dari penyakit umumnya dikenal sebagai kaki gajah, penyakit yang menyebabkan cacat. Pada tahun 2002 Gates, bersama dengan penyanyi rock Bono, mengumumkan rencana untuk DATA Agenda, 24 miliar dana $ (sebagian didukung oleh Bill dan Melinda Gates Foundation) yang bertujuan untuk meningkatkan pelayanan kesehatan di Afrika.
Meskipun banyak menggambarkan Gates sebagai dingin dan jauh, teman-temannya menemukan dia bersahabat sejak pernikahannya dan sejak kelahiran putrinya, Jennifer, pada bulan April 1996. Lebih lanjut, ia mengakui kontribusi secara keseluruhan untuk kedua dunia teknologi dan usahanya dalam filantropi. Pada tahun 2002 majalah Forbes daftar dari dua ratus orang terkaya di dunia, Gates nomor satu untuk tahun kedelapan lurus, datang dengan kekayaan bersih $ 52800000000
Dengan perjuangan dan tekad yang keras kini Bill Gates telah menggapai cita-citanya. Untuk mencapai kesuksesan memang diperlukan pengorbanan dan perjuangan yang berat, namun usaha keras dan sikap pantang menyerah Bill Gates telah membuahkan hasil yang dapat ia nikmati saat ini.
3. Kehidupan yang menarik
Ada beberapa fakta menarik yang mungkin perlu diketahui oleh rekan-rekan tentang Bill Gates. tentunya nama itu sudah tidak asing lagi bagi kita semua, sebagai pendiri Microsoft, software yang merajai hampir di seluruh pemakaian komputer di dunia, Bill Gates memang fenomenal.
Microsoft yang didirikannya saat ia berusia 19 tahun itu, mencapai AS $ 45 miliar di tahun 1994. Karena visinya, Bill Gates selalu mempunyai rencana besar. April 1994, ia menbuat orang terpana ketika mengumumkan proyek bersama Craig McCaw dan McCaw Cellular Communications, perusahaan telepon selular terbesar di dunia, untuk meluncurkan 840 buah satelit di atmosfer bumi pada tahun 2001 yang cakupan layanannya 95% dan seluruh bumi.
Pada maret 2005 william H. Gates menerima “kehormatan” ksatria dari Ratu Inggris. Gates berikan dengan Orde KBE (Knight Panglima Orde Sebagian besar Kerajaan Inggris) untuk jasanya dalam mengurangi kemiskinan dan meningkatkan kesehatan di negara-negara berkembang dunia.
Sang pendiri raksasa software Microsoft Corp. itu oleh majalah Forbes dinyatakan menjadi orang terkaya di dunia selama 13 kali. Pria tersebut diestimasikan memiliki kekayaan sebesar US$ 56 miliar atau sekitar Rp 513,9 triliun (US$1=Rp 9.178 sumber: detik.com). Kekayaan tersebut senilai 71% dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) Indonesia 2007. Menurut data dari Departemen Keuangan, APBN Indonesia tersebut menyentuh angka sekitar Rp 723 triliun.
Adapun beberapa fakta yang menarik tentang Bill Gates.
1. Bill Gates menghasilkan US$250 setiap saat,sekitar US$20 juta sehari dan US$7.8 milion setahun!
2. Jika dia kehilangan atau hilang US$1.000, dia tidak perlu susah2 lagi untuk mengambilnya kembali kerana sama dengan waktu 4 saat untuk mengambil, dia sudah memperoleh penghasilan dalam jumlah yang sama.
3. Hutang nasional Amerika sekitar US$5.62 trilion, jika Bill Gates akan membayar sendiri hutang itu, dia dapat melangsaikannya dalam waktu kurang dari 10 tahun.(Menarik bukan?)
4. Jika Bill Gates dapat menyumbangkan US$15 kepada semua orang di dunia tapi dia tetap dapat menyimpan US$5 juta sebagai wang sakunya.
5. Michael Jordan adalah atlit yang dibayar paling mahal di Amerika. Jika dia tidak makan dan minum dan tetap membiarkan penghasilannya dan dalam masa setahun wang Jordan berjumlah US$30 juta, dia tetap harus tunggu sampai 277 tahun baru la boleh jadi sekaya Bill Gates sekarang.
6. Jika Bill Gates adalah sebuah negara, dia akan menjadi negara terkaya didunia iaitu ke 37 atau jadi syarikat Amerika terbesar nombor 13, bahkan melebihi kekayaan IBM.
7. Jika semua uang Bill Gates ditukarkan ke dalam pecahan US$1, kita dapat menyusunnya menjadi jalan dari bumi ke bulan, 14 kali ulang balik. Tapi jalan itu harus dibuat non stop selama 1400 tahun dan menggunakan sejumlah 713 buah pesawat Boeing 747 untuk mengangkut semua uang itu.
8. Akan Tetapi!Jika pengguna Microsoft Windows dapat mengklaim US$1 untuk setiap kali komputer hang@rusak kerana Microsoft, Bill Gates akan segera bankrup dalam waktu 3 tahun!
4. Hal Yang dapat di Petik
Bill gates mempunyai mimpi besar, dia ingin masing-masing rumah di AS memiliki komputer. Mimpi itu nampaknya telah bisa di wujudkan oleh bill gates dan tidak hanya di AS saja tapi sudah merata di seluruh dunia, dan sudah tidak asing lagi di mata masyarakat walaupun fungsi dan kegunaannya berbeda-beda.
Adapun beberapa kata-kata bill gates yang sangat baik yang di kemukakan, dan bisa berguna bagi kita yaitu “Uang tidak menciptakan orang tetapi oranglah yang menciptakan uang. Hiduplah secara sederhana. Jangan lakukan apa yang orang lain katakan, dengarkanlah mereka, namun lakukan apa yang menurut Anda baik. Jangan memaksakan diri untuk memiliki barang-barang bermerk, pakailah apa yang sekiranya nyaman bagi Anda. Jangan memboroskan uang Anda untuk hal-hal yang tidak diperlukan; gunakanlah uang untuk membantu mereka yang kekurangan.”










Daftar Pustaka
www.scribd.com
http://cyberions.blogspot.com/2009/11/fakta-tentang-kekayaan-bill-gates.html
www.wikipedia.com Wikipedia, Ensiklopedia bebas berbahasa Indonesia

0 komentar:

Poskan Komentar

apakah blog ini bermanfaat bagi anda...?,

Ada kesalahan di dalam gadget ini